Apa itu ruang kerja fleksibel?

Mulai pencarian Flex Space Anda bersama kami.

Dikirim oleh admin pada Jum, 01/14/2022 - 14:55

Apa itu ruang kerja fleksibel?

Tidak seperti ruang sewa kantor tradisional, ruang kerja fleksible banyak menawarkan kepraktisan untuk para penyewa. Ruang kerja fleksibel pada umumnya sudah siap pakai dan tertata termasuk dengan peralatan kantor seperti meja dan kursi.

Ruang kerja fleksibel tidak mengharuskan penyewa untuk mengikut aturan umum yang berlaku di perkantoran tradisional. Penyewa di ruang kerja fleksible diperbolehkan menyewa dengan jangka waktu dari per jam, per hari, per bulan sampai per tahun. Di Jakarta, ruang kerja fleksibel ini mengacu kepada co-working spaces dan serviced offices.

Serviced Offices

Serviced Offices menawarkan layanan kantor lengkap, termasuk dengan penyewaan kantor “Virtual”.  Pada umumnya Serviced Offices menyediakan peralatan kantor seperti nomor telepon, internet dan layanan surat menyurat, yang merupakan bagian dari layanan dari paket bulanan. Di beberapa Serviced Offices lain juga menyedikan mesin fax, mesin fotokopi, peralatan audio–visual dan peralatan kantor.

Akan tetapi, ada pola baru di pelayanan Serviced Offices dengan mengadopsi konsep dan desain yang biasanya di asosiasikan dengan ruang kerja bersama seperti ruang Komunal.

Ruang Kerja Bersama/ Coworking Space

Coworking space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan besar, atau kecil khususnya start-up. Biasanya terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan. Coworking space memiliki keuntungan yang dibutuhkan dalam berbisnis yang saat ini sangat penting, yaitu jejaring dan kolaborasi. Dengan adanya coworking space sebagai tempat enterpreneurs berkumpul, para pengguna coworking space akan memiliki lebih banyak kenalan bisnis yang bisa dijadikan rekan bisnis, klien, ataupun teman diskusi. Dengan adanya kenalan dan kemungkinan berkolaborasi, bisnis bisa berkembang dengan jauh lebih pesat karena banyaknya kesempatan dan juga inspirasi yang didapatkan dari lingkungan yang berbeda-beda.

Di Indonesia, sektor ruang kerja bersama/ Coworking baru mulai berkembang dan banyak peminat dari kalangan penyewa dan juga pegembang property. Pasar untuk ruang kerja bersama/ Coworking banyak didominasi dari grup kecil dan grup local yang kebanyakan menyewa di Gedung-gedung yang berkelas B dan C di tengah kota atau di dalam kota atau di Ruko yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tengah kota.

Akan tetapi, perusahaan berskala International sepertu Wework dan Just Co, baru saja memasuki pasar dan banyak mengambil ruang sewa di Tengah Kota.  Tipe penyewa yang paling aktif untuk menyewa ruang kerja bersama/ Coworking adalah dari sektor E-Commerce, Fintech di dalam pusat pengembangan pasar komersial real estate.

Kenapa Ruang Sewa Fleksibel?

Kebanyakan dari pengguna Serviced Offices adalah perusahaan kecil yang butuh menyediakan karyawan dengan meja kursi, peralatan kantor dan fasilitas. Dibandingkan dengan ruang kerja bersama/ Coworking, lebih popular dari kalangan start up, pekerja lepas atau wirawasta profesional yang mencari ruang kerja yang lebih inspiratif.

Akan tetapi akhir-akhir ini perusahaan penyedia ruang kerja bersama/ Coworking besar seperti Wework dan JustCo berusaha untuk menarik perusahan-perusahan besar sebagai klien mereka.

Tren ini semakin bertambah dengan banyak perusahaan yang mempertimbangkan ruang kerja bersama/ Coworking sebagai opsi untuk berkantor, terpikat dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan dengan bekerja di ruang kerja bersama/ Coworking.

Jangka sewa yang pendek, memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan jumlah karyawan dan memenuhi kebutuhan strategi bisnis tanpa terikat dengan komitmen yang berjangka panjang. Ada beberapa penyewa yang menjalankan ‘core/flex” strategi dimana mereka mengkombinasikan antara tradisional/konvensional kantor untul karyawan inti dan sewa ruang kerja bersama/ Coworking dari penyedia ruang kerja bersama/ Coworking yang tidak jauh dari kantor inti mereka untuk mengakomodasi perubahan di jumlah karyawan.

Tidak dipungkirkan, ruang kerja bersama/ Coworking menjanjikan semangat komunitas yang mungkin cocok bagi demografi yang lebih muda dimana memberi kesempatan perusahaan untuk menarik pekerja muda.